Mana yang lebih dingin kutub utara atau kutub selatan?

 

kutub utara vs kutub selatan
Baik Arktik (Kutub Utara) dan Antartika (Kutub Selatan) dingin karena tidak mendapat sinar matahari langsung. Matahari selalu rendah di cakrawala, bahkan di tengah musim panas. Di musim dingin, Matahari begitu jauh di bawah cakrawala sehingga tidak muncul sama sekali selama berbulan-bulan. Jadi siang hari seperti malam—dingin dan gelap.

Kutub Utara dan Kutub Selatan dingin karena posisinya di atas dan bawah planet ini berarti mereka tidak mendapatkan cahaya langsung (terbuka di tab baru) dari matahari. Di kedua tempat itu, matahari selalu terbenam rendah di cakrawala, bahkan di tengah musim panas mereka. Selama musim dingin mereka, matahari terletak begitu jauh di bawah cakrawala, tidak muncul selama berbulan-bulan pada suatu waktu.

Selain itu, permukaan putih es dan salju di kutub sangat reflektif. Ini berarti bahwa sebagian besar energi dari sinar matahari yang mencapai mereka memantul kembali ke angkasa, menjaga udara di atas permukaan tersebut relatif dingin.

Arktik adalah lautan yang dikelilingi oleh daratan. Antartika adalah daratan yang dikelilingi oleh lautan.




Lautan di bawah es Arktik dingin, tetapi masih lebih hangat daripada es! Jadi laut menghangatkan udara sedikit.

Antartika kering—dan tinggi. Di bawah es dan salju adalah daratan, bukan lautan. Dan itu punya gunung. Ketinggian rata-rata Antartika adalah sekitar 7.500 kaki (2,3 km). Dan semakin tinggi Anda pergi, semakin dingin..

Apa yang membuat Kutub Selatan jauh lebih dingin daripada Kutub Utara adalah karena ia berada di atas lapisan es yang sangat tebal, yang terletak di sebuah benua. Permukaan lapisan es di Kutub Selatan memiliki ketinggian lebih dari 9.000 kaki - lebih dari satu setengah mil di atas permukaan laut. Antartika sejauh ini merupakan benua tertinggi di bumi. Sebagai perbandingan, Kutub Utara terletak di tengah Samudra Arktik, di mana permukaan es yang mengapung hanya setinggi satu kaki atau lebih di atas laut sekitarnya. Samudra Arktik juga bertindak sebagai reservoir panas yang efektif, menghangatkan atmosfer dingin di musim dingin. dan menarik panas dari atmosfer di musim panas.

Meskipun faktor-faktor ini membuat kedua kutub benar-benar dingin, Kutub Selatan tetap jauh lebih dingin daripada Kutub Utara, menurut Lembaga Oseanografi Woods Hole (buka di tab baru). Suhu rata-rata tahunan di Kutub Utara adalah minus 40 derajat Fahrenheit (minus 40 derajat Celcius) di musim dingin dan 32 F (0 C) di musim panas. Sebaliknya, rata-rata Kutub Selatan jauh lebih dingin, dengan suhu rata-rata tahunan minus 76 F (minus 60 C) di musim dingin dan minus 18 F (minus 28,2 C) di musim panas.


sumber : 

https://www.livescience.com/is-north-pole-or-south-pole-colder

https://climatekids.nasa.gov/polar-temperatures/#:~:text=Even%20though%20the%20North%20Pole,colder%20than%20the%20North%20Pole.

https://www.scientificamerican.com/article/why-is-the-south-pole-col/

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama